Thursday, July 07, 2005

Manajemen Informasi vs Manajemen Knowledge

Sekedar ingin mengisi posting pertama di Blogger ini, ... :P

Obrolan siang ini dengan seorang peneliti senior. Senior banget. Saat beliau sudah terjun ke dunia penelitian, saya masih belum lahir. Nah, bisa dibayangkan begitu seniornya beliau.

Satu hal yang kami obrolkan adalah ada begitu banyak istilah tehnologi yang pada hakikatnya perulangan dari tehnologi lama. Dari "data processing" ke "manajemen informasi" lalu sekarang yang sedang ngetrend adalah "Knowledge Management". Memang ada banyak detail yang berubah, memang banyak kemajuan dalam bidang itu, tetapi pada hakikatnya "binatang" aslinya masih sama.

Lalu pertanyaannya adalah, perlukah kami-kami yang baru lahir ini, perlu mengetahui dulu pengertian-pengertian lama ttg hakikat tema itu, ataukah tidak? Beliau beranggapan bahwa yang baru tidak perlu lagi memahami yang lama. Biarlah ia memulai dengan yang baru. Dan yang sudah senior tidak perlu memaksakan istilah/pengertian lama tadi kepada orang baru. Toh istilah itu sudah demikian berkembang. Biarlah orang baru berangkat dari istilah dan konteks yang baru, tidak perlu terkukung atau terhambat oleh pengertian-pengertian lama.

Apakah KM atau Knowledge Management itu sama dengan Data Processing, bagi kita orang baru, tidaklah perlu memperdebatkan masalah itu. Terus maju dengan hal baru!

No comments: