Friday, July 08, 2005

Pahlawan dan Kesempatan

'Everyone is born with genius, but most people only keep it a few minutes.' (Edgard Varese)

Benar apa yang dikatakan oleh Anis Matta, bahwa potensi kepahlawanan dan kesempatan bila bersatu akan mendongkrak calon pahlawan menjadi seorang pahlawan. Begitu banyak orang yang hebat dan memiliki segudang kemampuan, tetapi kesempatan tidak pernah datang kepadanya untuk menjadi pahlawan. Begitu juga sebaliknya, begitu banyak kesempatan datang, tetapi orang tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan kesempatan itu menjadi pahlawan.

Bahkan Anis Matta mengatakan bahwa para pahlawan sejati tidak selalu menghadapi situasi dan peristiwa yang mereka inginkan. Justru letak kepahlawanan mereka adalah menghadapi situasi sulit tersebut dengan tetap tabah, sabar dan dengan kekuatan kepribadian kepahlawanan mereka, mereka sanggup menjadi pelopor, agen perubah, agen penyelamat umat dengan menyelesaikan permasalahan atau krisis umat tersebut. Itulah yang mengukuhkan mereka menjadi pahlawan sejati.
Sehingga ustadz Anis Matta menyimpulkan bahwa "bila politik didefinisikan sebagai seni kemungkinan, maka kepahlawanan adalah kebalikannya, yaitu seni ketidakmungkinan"

No comments: